Software E-Book Reader

Posted by juragansopwer On 0 komentar

ComicRack
Mungkin tidak sedikit di antara kita yang masih gemar mengoleksi komik, baik terbitan lama maupun baru. Beberapa komik legendaris yang kerap dicari antara lain hasil publikasi Marvel dan DC Comics. Selain itu, komik Tintin, Lucky Luke, dan Smurf pun sering diburu para kolektor. Karena komik fisiknya sudah sulit dicari, komik elektroniklah yang jadi incaran. Berbeda halnya dengan komik asal Jepang, yang dikenal dengan istilah manga. Judul-judul populer komik tersebut misalnya Naruto, One Piece, dan Bleach. Begitu seri terbarunya terbit di negeri itu, tak lama kemudian, segera muncul pula versi “bajakan”-nya dalam wujud softcopy. Aneka manga tersebut merupakan hasil pindaian dan teksnya telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Manga elektronik dikenal dengan istilah “scanlation”. Nah, rupanya ada aplikasi khusus bagi penggemar komik/manga elektronik untuk membaca dan menata koleksi mereka. Melalui perangkat lunak bernama Comic Rack, kita bakal menemukan pengalaman berbeda dalam membaca komik. Kelebihan pertama terletak pada ragam format yang bisa dibaca. Comic Rack mampu mengenali komik berekstensi CBZ, CBR, CBT, CBW, DJVU, PDF, serta berkas ZIP, RAR, TAR, CB7, dan 7Z. Hal ini sangat berguna karena banyak unduhan komik/manga yang memiliki format terkompresi seperti itu. Jadi, kita tak perlu mengekstraksi terlebih dahulu jika ingin membacanya. Kelebihan kedua adalah bervariasinya jenis tampilan ketika kita membaca komik. Bisa memilih layar penuh, satu halaman, dua halaman, dan ukuran pembesaran (zoom). Comic Rack juga memiliki opsi rotasi gambar 90 – 270o yang bermanfaat saat membaca komik di tablet PC. Kelebihan ketiga yaitu tersedianya fungsi manajemen penataan komik. Kita bisa menyusun perpustakaan sendiri, membagi kategori komik, memberi penilaian (rating), dan menambahkan informasi detail tentang setiap komik. Tak heran, pengembang Comic Rank menjuluki aplikasinya ini sebagai “iTunes untuk komik” 
Melalui Comic Rack, penggemar komik akan merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati koleksi komiknya. Feature yang dimiliki aplikasi ini memang ditujukan bagi keasyikan membaca dan mengelola komik-komik kesayangan. Sensasi lebih bisa dirasakan jika PC kita sudah menggunakan layar sentuh.

Spesifikasi ComicRack v0.9.133
Jenis
Freeware
Besar File Instalasi
6,59 MB
Situs
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7

Plus     : Multitab, variasi tampilan, bisa mengenali isi berkas terkompresi, ada jendela thumbnail halaman komik, koleksi komik bisa dibagi dalam jaringan, mendukung layar sentuh multitouch
Minus   :  Tidak semua berkas PDF bisa dibaca (untuk mengatasinya, harus mengunduh skrip khusus dari situsnya), layar sensitif terhadap klik pada tetikus

MartView
Salah satu keasyikan menggunakan iPad ialah ketika membaca e-book. Sejumlah aplikasi, seperti Flipboard, memungkinkan kita untuk melihat-lihat halaman buku dan majalah seperti nyata. Saat membalik halaman berikutnya, bakal ada gerakan animasi layaknya membalik kertas betulan.

Sensasi serupa ternyata bisa juga kita rasakan di layar PC atau notebook. Syaratnya, gunakan aplikasi MartView. Aplikasi ini mendukung buku dan majalah elektronik dengan ekstensi PDF atau format bawaan aplikasi ini, yaitu .MART. 
Memang, menurut kotak pop-up yang muncul saat membuka berkas PDF, MartView akan bekerja lebih optimal bila membaca dokumen MART. Pada kenyataannya, kami tidak melihat perbedaan kinerja yang signifikan. Namun, kalau mau, tersedia feature untuk mengonversi berkas-berkas PDF milik kita ke dalam format MART.
Antarmuka full screen MartView sangat terlihat lega dan nyaman. Deretan menu utama tersembunyi di bagian atas layar dan baru muncul kalau kita menggeser tetikus ke arah sana. Di situ, tertera sekitar sembilan feature utama. Tiga di antaranya untuk mengubah tampilan pembacaan buku, yakni Flipping View (membalik halaman), Horizontal View (halaman berderet mendatar), dan Vertical View (halaman berderet ke bawah). Ada juga menu Thumbnails untuk mengintip isi buku dalam ukuran kecil, Index untuk melihat susunan bab (jika ada), dan Search untuk mencari konten yang diinginkan.
Ingin menambah koleksi anyar? Unduh saja ribuan buku dan majalah dari berbagai kategori dan beragam bahasa di katalog MartView. Semua bisa diperoleh secara cuma-cuma. Sebaliknya, terdapat pula kesempatan untuk menyumbang buku dan majalah koleksi kita dengan cara mengunggah langsung ke perpustakaan online MartView. Sebelumnya, buat dulu dokumennya, dari PDF, RAR/ZIP, atau koleksi gambar (JPG/BMP/PNG/GIF), menjadi format MART.

MartView memfasilitasi pengguna PC/notebook yang ingin mencicipi sensasi membaca buku dan majalah elektronik ala iPad. Gerakannya mulus, tampilannya cantik, dan feature-nya juga menarik. Yang menjadi catatan, aplikasi ini lumayan rakus memori.
 
Spesifikasi Martview v1.5
Jenis
Freeware
Besar File Instalasi
22,6 MB
Situs
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7

Plus     : Bisa membaca e-book bergaya aplikasi di iPad, tampilan cantik, ada fasilitas unduh/unggah buku dan majalah gratisan dari perpustakaan online MartView, mendukung layar sentuh
Minus   : Hanya mengenali format PDF dan MART, cukup rakus memori.

By : Erry
Info Komputer

0 Response for the "Software E-Book Reader"

Posting Komentar

Ruang Kritik dan Saran