Software Development Outsourcing


Rabu, 2009-05-20, 14:43:41

Oleh : Frieyadie

Tema : Tren Terbaru Software dan Karakteristiknya

Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penterjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Industri sekarang ini sudah mengarah bagai mana hal tersebut di Outsourcing. India adalah negara yang memiliki sumber daya yang sudah diakui kualitas untuk layanan Software Development. Pelaksanaan pelayanan teknis dan bakat luar negeri ke dalam proses bisnis ini diharapkan untuk mendapatkan yang terbaik dari menempatkan sebagai kombinasi berkualitas tinggi dan hemat biaya layanan dari India.

Masih dalam lingkup regional Asia adalah Cina adalah kompetitor yang paling dekat untuk memenangkan pasar yang lebih luas untuk layanan telekomunikasi dan Offshore pasar bisnis Outsourcing lainnya

Menurut Richard Kartawijaya di Jakarta, Rabu (11/6) yang dilansir oleh Kompas, di sela-sela workshop Menuju Kebangkitan Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional untuk Inovasi Konten pada Sistem Pelayanan itu, Richard mengatakan, bisnis perangkat keras telah dikuasai banyak negara, seperti Jepang, Taiwan, hingga China.

Mulai saat Independent Software Vendor (ISV) outsourcing memberikan proposal penawaran. Berikut ini adalah contoh aktifitas yang biasanya hanya berupa rencana tanpa disertai estimasi akurat:

* Identifikasi bagian kritikal (kompleksitas utama) dalam proyek
* Penentuan ukuran proyek (jumlah anggota tim pengembang)
* Pembuatan jadwal kerja pengembangan aplikasi
* Struktur tim dan pembagian kerja dalam tim pengembang
* Penentuan prioritas fitur aplikasi yang dikembangkan
* Pembagian fase proyek ke dalam siklus iterasi

Umumnya proyek outsourcing pengembangan software enterprise dimulai dengan pemahaman yang sangat minim tentang apa yang sebenarnya harus dibangun dan bagaimana membangunnya. Dan tidak ada satupun metode software engineering yang bisa menjamin 100% keberhasilan.

Karakteristik Software Outsourching dan Pendekatan Software Outsourching

Berikut kemungkinan sejumlah perbaikan keseluruhan gaya dalam pengembangan perangkat lunak outsourcing.

1. Pendekatan Aktifitas Software Engineering
Pendekatan umum untuk kegiatan rekayasa perangkat lunak, dilakukan di sebuah perusahaan perangkat lunak. Di sini kita akan hadir dengan prinsip-prinsip dasar hanya untuk membuat mungkin untuk memahami bagaimana dapat diterapkan ke pengembang outsource.
Dasar karakteristik pendekatan seperti berikut ini:
1. Pendekatan Incremental. Pada awalnya dapat diterapkan hanya untuk satu kegiatan rekayasa perangkat lunak seperti. Software Quality Assurance. Pendekatan ini dapat diperluas ke meliputi kegiatan lainnya.
2. Pendekatan yang didasarkan pada gagasan untuk mempertahankan kontrol terhadap seluruh waktu proyek . Pendekatan ini bisa menggunakan universal teknik analisis komparatif dan satu set alat-alat yang mendukung sehingga untuk mengukur kemajuan dalam mengamati kegiatan.
3. Pendekatan yang spesifik menyesuaikan dengan fitur dan gaya kerja yang ada pada perangkat lunak perusahaan. Diterapkan untuk setiap teknik, setidaknya terdapat 2 (dua) tingkat kompleksitas harus ditetapkan.
2. Program untuk Efesien Pengembangan Outsourcing
Tujuannya adalah untuk menjaga kontrol atas sumber daya manusia, produk, proses dan proyek. Ini mengarah ke tujuan awal, terdapat 2 kegiatan, yaitu:
* Manajemen Proyek dan Quality Assurance.
* Konfigurasi Manajemen Perangkat Lunak
3. Pemeliharaan terhadap Produk Outsourced Software
Masalah pemeliharaan terhadap proyek outsourcing tetap tidak baik sampai sekarang. Terdapat beberapa tambahan kontrak untuk beradaptasi dan perangkat tambahan. Secara umum, tiga pendekatan yang dimungkinkan, yaitu :
1. Pemeliharaan dilakukan pengembang dalam organisasi
2. Pemeliharaan dilakukan dengan pelanggan organisasi
3. Pemeliharaan kontrak untuk pihak ketiga.

Daftar Pustaka

Mattotorang, Risman Adnan. 2007. Software Development Outsourcing di Indonesia. http://geeks.netindonesia.net/blogs/risman. Date Access 10 Mei 2009

Luebbecke Claudia, Claudio Husykens. 2005. Selective Software Outsourcing via the Internet Web-Enable Value Creation: Determinant and Limits. Departement of Media Management University of Cologne. pp. 239 – 250

Maneva, Nelly. 2003 Software Quality Assurance and Maintenance for Outsourced Software Development, Institute of Mathematics and Informatics, pp 644-649

http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/06/11/20292041/indonesia.masih.berpeluang.di.bisnis.software

http://businesstechnology-asia.com/features/show/Singapore-and-Malaysian-Outsourcing-Companies-Join-Forces.html

New Announcement

Web Programming Lanjut
Selasa, 2009-07-28, 223 Times
Tugas Web Programming Lanjut untuk Kelas e-Learning Yogyakarta


Java Programming
Selasa, 2009-07-28, 193 Times
Tugas Java Programming untuk Kelas e-Learning Yogyakarta


Pascal Programming
Kamis, 2009-05-14, 409 Times
Tugas Pascal II


Categories:

2 Response for the "Software Development Outsourcing"

  1. Tidak ada jaminan bahwa Software Development Outsourcing akan berhasil 100%. Namun, kecenderungan saat ini memang ke arah itu. Negara yang telah diakui memiliki SDM andal di bidang SD outsourcing ini adalah India. Kemudian, disusul Cina.
    SDM Indonesia dapat belajar dari negara-negara tersebut bagaimana menjadi tenaga Software Development agar dapat diterima oleh perusahaan mana pun sebagai tenaga IT Outsource.
    Terima kasih infonya.

  2. @Betul mas lala bahwa tidak ada jaminan software Development Outsourcing 100% tetapi tidak ada salahnya kita mencoba melakukan sebuah PERJUANGAN thd sopwer OS tsb, pemerintah kita memang kurang memperhatikan dalam hal ini, banyak tenaga ahli OS kita MENYEMPAL kenegara-negara yang memiliki loyalitas tinggi THD dunia IT, indonesia smakin tertinggal dalam hal tsb mudah-mudahan PEMERINTAH kita mau mendengar JERITAN para PENGGELIAT dunia IT kita yg memang benar2 berjuang. terima kasih atas atensinya...salam

Posting Komentar

Ruang Kritik dan Saran